Memahami Analisis SWOT dan Penerapannya dalam Bisnis

Sumber : freepik.com

Perencanaan yang matang bisa jadi dasar yang kuat untuk melangkah dan mengembangkan bisnis Anda. Dalam konteks strategi pemasaran yang hingga kini masih berlaku, analisis SWOT masih cukup relevan untuk digunakan. Tentu dengan dukungan analisis dan perspektif lain guna melengkapi data yang dibutuhkan untuk mempersiapkan strategi yang akan dijalankan.

Analisis SWOT sendiri terbilang merupakan salah satu analisis yang cukup ‘senior’ di bidang pemasaran dan bisnis. Meski demikian jika dicermati, konsep ini masih sangat relevan dengan bisnis kekinian, dan mungkin masih akan berlaku hingga beberapa waktu ke depan.

Mari satu per satu kita bedah bagian analisis SWOT, dan cara penerapannya dalam bisnis yang Anda miliki.

 

Komponen Penyusun Analisis SWOT

Sumber : freepik.com

SWOT sendiri merupakan akronim dari komponen penyusunnya, yakni strength, weakness, opportunity, dan threat. Keempatnya dianggap sebagai komponen lengkap dalam memetakan kondisi bisnis yang dimiliki, sehingga bisa dilihat dan ditemukan cara terbaik mengembangkan potensi dan menghadapi tantangan yang ada.

 

Strength

Komponen pertama adalah mengenai strength atau kekuatan yang dimiliki perusahaan atau bisnis Anda. Setiap bisnis, selalu memiliki kekuatan yang membuatnya bisa bersaing di pasar. Menemukan poin kekuatan bisnis penting, agar mengetahui benar apa yang bisa jadi ‘modal’ utama dalam penyusunan strategi pemasaran dan bisnis dalam jangka panjang.

 

Weakness

Sesempurna apapun bisnis direncanakan dan dijalankan, dapat dipastikan bisnis tersebut memiliki kelemahan. Dari sisi manapun, terdapat sisi lemah yang bisa jadi concern setiap elemen bisnis. Dalam analisis SWOT, identifikasi pada kelemahan ini jadi salah satu pilar utama untuk membuat rancangan yang relevan, sehingga perencanaan bisnis bisa dijalankan dengan lebih baik.

 

Opportunity

Masuk pada dua poin terakhir, yakni opportunity dan threat. Dua elemen ini merupakan faktor dari luar perusahaan, yang juga berpengaruh pada pengembangan dan operasional perusahaan. Poin opportunity menunjukkan peluang bagi bisnis untuk berkembang. Dengan memetakannya, bisnis Anda bisa melihat kira-kira bagaimana langkah paling tepat untuk memaksimalkan potensi atau peluang tersebut.

 

Threat

Diartikan sebagai ancaman untuk bisnis yang Anda miliki. Bisa datang dari pesaing, kemudian bencana alam, resiko sosial dan yang lainnya. Mengetahui hal ini bisa bermanfaat untuk menerapkan langkah pencegahan, sekaligus resolusi konflik ketika ancaman ini menjadi kenyataan.

 

Lalu Bagaimana Penerapannya dalam Bisnis Di Kondisi Nyata?

Sumber : freepik.com

Nah, masuk kepada inti dari artikel ini, mengenai bagaimana penerapan analisis SWOT untuk bisnis yang Anda miliki. Untuk menyampaikannya, mungkin akan terasa jauh lebih mudah dengan analogi. Misalnya saja bisnis yang Anda kelola adalah kafe. Maka kira-kira berikut penyusunan dan pemetaan analisis SWOT yang bisa digunakan untuk membantu mengelola dan mengembangkan bisnis Anda.

 

Kekuatan yang Dimiliki Kafe Anda

Tentu apa yang disampaikan di sini merupakan ilustrasi belaka. Namun semoga bisa memberikan gambaran untuk bisnis dan analisis SWOT yang bisa Anda gunakan.

Kekuatan yang dimiliki biasanya akan berkisar pada harga yang tidak terlalu tinggi, lokasi strategis dan mudah dijangkau, suasana nyaman untuk setiap orang yang datang, keberadaan WiFi yang berkualitas dan life music di waktu-waktu tertentu. Kafe yang memiliki staf ramah dan bisa mengingat pelanggannya. Selain itu, kemudahan pembayaran yang disediakan untuk pelanggan akan jadi faktor besar kekuatan bisnis kekinian.

 

Kelemahan yang Ada Di Bisnis

Setelah mendapatkan strength kemudian Anda juga harus memetakan kelemahan yang ada di bisnis Anda. Kafe dengan fasilitas lengkap membutuhkan modal yang cukup besar dan maintenance yang juga tak kalah besar usahanya. Kemudian, dengan tempat yang strategis Anda juga harus berhadapan dengan realita bahwa lahan parkir yang dimiliki tidak seluas itu.

Dengan begini Anda bisa mulai melihat kelemahan di dunia nyata bisnis Anda, dan mencari cara dalam mengatasi kelemahan tersebut.

 

Apa Peluang yang Tersedia?

Untuk memetakan peluang atau opportunity, maka Anda juga harus melakukan pengamatan dengan cermat. Hal sederhana bisa jadi peluang dan membuka jalan untuk bisnis kafe Anda semakin maju.

Misalnya saja, potensi bahwa seorang menghabiskan banyak waktu di kafe Anda, atau tanggapan positif dan masukan yang didapatkan, serta spot-spot menarik yang sering dijadikan tempat selfie. Hal ini bisa dimaksimalkan dengan melakukan peningkatan, agar pendapatan Anda bisa meningkat tanpa mengganggu kenyamanan pelanggan setia.

 

Kenali Threats dalam Analisa SWOT yang Dibuat

Nah, ancaman sifatnya datang dari luar, dan bisa berbentuk apa saja. Sesederhana musim penghujan yang datang, yang membuat area luar ruang jadi tak bisa digunakan, atau adanya kenaikan bahan baku dan pajak, atau bisa juga munculnya kafe dengan konsep yang mirip di dekat lokasi Anda berbisnis.

Semua ini harus dipetakan dan dikenali, sehingga Anda bisa membuat langkah strategis guna menyikapinya.

Analisis SWOT memang bukan analisis baru dalam dunia bisnis, namun masih relevan hingga saat ini. Tentu, dalam penyusunannya sangat disarankan melibatkan banyak orang, sehingga hasilnya bisa lebih relevan dan mencakup banyak bidang sekaligus.

Artikel mengenai analisis SWOT bisa Anda dapatkan dan dalami di blog Jokul by DOKU. Selain menyediakan layanan pengelolaan pembayaran online, Jokul juga menyediakan berbagai artikel menarik terkait bisnis. Sambangi situs resminya sekarang, dan dapatkan manfaat dari Jokul by DOKU!