Ingin Cepat Mahir Berkendara, Patuhi Hal – Hal berikut ini!

Dewasa ini banyak orang beramai – ramai mendatangi tempat kursus mengemudi. Dari pria,wanita hingga remaja. Kemampuan menyetir sekarang mulai menjadi tren baik bagi orang yang mempunyai mobil atau tidak.

Faktor dari luar dan dalam menjadi kunci keberhasilan cepat atau tidaknya kita mahir dalam berkendara. Faktor dari dalam ialah faktor yang ada pada dalam diri kita, misalnya keberanian, kepercayaan diri, fokus, dan ketenangan.

Tanpa keberanian maka kita tidak akan berani mencoba untuk berkendara. Jika anda percaya diri maka anda akan cepat mahir berkendara, namun jika tidak maka diperlukan waktu yang lama untuk bisa menjadi mahir. Harus fokus dan tenang, akan sangat berbahaya jika Anda tidak fokus dan tenang saat berkendara. Dapat berbahaya bagi diri sendiri ataupun orang lain.

Namun jika faktor dalam diri anda tidak mendukung Anda bisa menghubungi rental hiace dan juga bisa menyewa sopir agar lebih aman.

Berikut ini ialah hal – hal yang harus dilakukan agar cepat mahir berkendara:

  1. Pilihlah Drive tutor yang handal

Tidak semua tutor mahir dalam berkendara. Pilihlah tutor yang sabar, mampu menjelaskan dengan baik dan mampu berkendara dengan jenis mobil apapun. Jangan sampai kamu nekat berlatih sendirian. Karena itu amat membahayakan pengguna jalan dan diri kamu sendiri. Jika kamu mempunyai biaya lebih kamu bisa mendaftar pada kursus mengemudi.

  1. Belajar dari Mobil Jenis Tranmisi manual

Terdapat dua jenis transisi mobil yakni manual dan automatic. Untuk pemula disarankan berlatih menggunakan mobil jenis tranmisi manual. Dikarenakan mobil jenis transmisi manual lebih sulit dipelajari dari pada mobil automatic. Jadi perlu banyak belajar. Barulah kamu bisa berlatih menggunakan mobil automatic. Kamu harus mahir mengendarai 2 jenis mobil ini.

  1. Pahami tool-tool yang ada pada kabin

Kamu harus tahu dan paham tool-tool pada kabin mobil serta fungsinya. Kamu harus tahu mana tombol lampu sein, AC, klakson, wiper kaca, tuas tranmisi, pedal gas, pedal kopling, dan pedal rem. Untuk mobil dengan tranmisi manual memiliki 3 jenis pedal tersebut. Namun untuk mobil jenis automatic hanya mempunyai 2 pedal saja yakni gas dan rem.

  1. Mulailah dengan belajar starter mobil

Ada mobil yang distarter dengan hanya menekan tombol dan ada juga mobil yang distrter dengan memutar kunci mobil. Pelajarilah kedua jenis mobil ini

  1. Belajar dengan memindahkan/mengoper gigi atau transmisi

Untuk mobil manual, memindahkan/mengoper gigi persneling lebih rumit. Karena pada saat memindahkan gigi perseneling kaki juga dalam keadaan menginjak kopling. Belajalah cara memindahkan gigi pada saat awal berjalan dan juga saat kendaraan sudah berjalan.

 

  1. Belajar belok kanan-kiri

Setelah berlatih berjalan lurus. Belajarlah untuk belok kanan dan kiri, karena pada langkah ini dibutuhkan timing yang pas untuk berbelok.

  1. Belajar menurunkan kecepatan

Saat kamu melakukan pemberhentian mendadak,menurunkan kecepatan ini amat diperlukan agar kamu terhindar dari tabrakan saat berlatih di jalan.

  1. Belajar berjalan di jalan yang tidak mulus

Tidak semua jalan itu mulus. Pasti suatu saat kamu akan mengendarai mobil di jalan yang rusak atau jalan yang banyak polisi tidur. Agar mobil tidak mati maka persneling ada di posisi 1 dan 2.

  1. Belajar di tanjakan pada saat dalam keadaan macet

Banyak kasus mobil mundur pada saat di tanjakan. Karena kurang mahirnya saat macet di tanjakan.

  1. Belajar parkir

Ini merupakan faktor yang penting saat belajar mengemudi. Kamu tidak akan dianggap mahir jika kamu belum bisa memakirkan mobil dengan benar. Karena keadaan area parkir berbeda – beda.

Jika kamu sudah yakin dan percaya diri kamu bisa melakukan hal – hal diatas. Maka kamu bisa mencoba berkendara dijalan raya. Namun kamu masih harus didampingi Drive tutor untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Namun jika kamu belum yakin dan tidak percaya diri tapi kamu ingin pergi kemana – mana. Kamu yang bernaung di area kota Jakarta bisa mengubungi harga sewa hiace jakarta .