5 Perawatan Mobil Saat Dalam Perjalanan jauh

Ketika ingin melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil, tentu hal utama yang harus diperhatikan adalah keadaan mobil yang akan kita gunakan nantinya. Mengecek keadaan mobil apakah masih prima dan bertahan dalam perjalanan jauh atau tidak adalah hal yang paling utama, karena hal tersebut menyangkut keamanan dan kenyamanan berkendara kita.

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan terhadap mobil Anda sebelum melakukan perjalanan jauh. Hal tersebut tentu saja kita lakukan beberapa hari sebelum jadwal perjanan dumulai demi mengantisipasi kerusakan yang perlu penanganan berhari-hari, sehingga ketika waktu penggunaan, mobil sudah dapat digunakan. Namun, jika memang mobil tetap tidak bisa digunakan, maka anda dapat menyewa di tempat sewa mobil Jakarta bagi anda yang berdomisili di daerah Jakarta.

Lalu penanganan seperti apa yang harus kita lakukan terhadap mobil kita ketika mau dipakai untuk perjalanan jauh?

  1. Cek Oli Mesin

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengecek oli mesin pada mobil dan apakah cukup atau harus ditambahkan lagi. jika memang dirasa berkurang dan perlu tambahan, maka segera tambah dengan merk oli yang sama. Namun jika tidak mendukung dengan merk yang sama, maka dapat menggunakan merk lain namun dengan spesifikasi mesin yang sama agar tidak terjadi kerusakan pada.

  1. Cek Radiator

Ketika mengecek radiator, pastikan air radiator tidak kurang. Cek bagian tangki cadangan air radiator, lihatlah batas maksimal dan minimal air radiatornya. Jika air radiator sudah mendekati batas minimal, maka segera isi ulang udara menggunakan air pendingin. Memang dalam pengisian ulang air radiator biasa disarankan untuk mengisinya dengan air pendingin, namun jika memang tidak memungkinkan untuk menggunakan air saja asal air pada radiator tidak sampai.

  1. Cek Aki

Yang ketiga dengan keadaan aki. Mengetahui keadan aki apakah masih bagus atau sudah berkarat dengan memperhatikan suara mobil ketika distarter. Jika ada sura serak atau suara lain yang biasanya tidak terdengar, maka hal tersebut merupakan tanda-tanda mulai berkarat dan harus diganti.

Selain itu, ketika starter mobil sulit untuk digunakan, klakson dan lampu sudah mulai tidak bekerja, juga merupakan tanda-tanda aki sudah mulai rusak. Maka dari itu jika tanda-tanda di atas sudah mulai muncul, maka segeralah ganti aki Anda sebelum digunakan untuk perjalanan jauh.

  1. Cek Ban

Mengecek keadaan ban juga sangat penting bagi kenyamanan dan kestabilan berkendara. Maka dari itu, sebelum melakukan perjalanan, terutama pada perjalanan jarak jauh, pastikan ban mobil Anda dalam kondisi bagus dan terisi sesuai level yang tepat.

Selain itu pastikan tidak ada partikel-partikel lain yang menempel di larangan yang dapat mengakibatkan kerusakan hingga pengempesan larangan secara berkala. Hal ini benar-benar harus diperhatikan, karena ban merupakan komponen mobil yang langsung menuju jalan.

  1. Cek Bagian Rem

Hal ini juga tidak kalah penting dengan hal-hal lain di atas. Sebelum berkendara, pastikan rem mobil anda bekerja dengan baik. Karena banyak sekali kecelakaan yang disebabkan karena rem yang blong.

Rem blong dapat terjadi jika minyak rem sudah habis sehingga menyebabkan korosi pada mesin dan menimbulkan uap air yang menyebabkan rem blong. Maka dari itu, pastikan minyak rem pada mobil Anda tidak sampai kering.

Kelima hal di atas, merupakan hal utama yang wajib Anda lakukan sebelum melakukan perjalanan jauh dengan mengendarai mobil. Hal lain yang juga harus dilakukan adalah dengan membawa peralatan keperluan darurat pada mobil, seperti ban cadangan, dongkrak, kunci, P3K, dan lain sebagainya.

Jika memang hal yang tidak diinginkan masih terjadi pada mobil anda ketika dalam perjalanan, maka anda dapat memanggil rental mobil Jakarta jika memang anda sedang di daerah Jakarta.