12 Ide Usaha Rumahan di Desa

 

Meskipun berada di pedasaan, namun tidak menutup emungkinan usaha kita jauh lebih berkembang dibandingkan dengan diperkotaan. Karena pada kenyataanya, dipedesaan peluang usaha lebih banyak dan mudah.

Hal tersebut juga didukung oleh keberagaman jenis usaha yang dapat dikembangkan di pedesaan. Ide usaha rumahan di desa dari Evermos dapat anda pilih sebagai salah satu bisnis anda.

Berikut 12 ide jualan yang cocok dikembangkan dipedesaan.

1.      Berkebun

Salah satu keuntungan hidup di Desa adalah adanya lahan yang luas. Dengan memanfaatkan lahan yang ada dapat anda jadikan sebagai usaha utama atau sampingan. Salah satu usaha yang memanfaatkan lahan kosong adalah berkebun.

Anda dapat menanam beraneka macam jenis sayuran dan buah-buahan yang nantinya dapat anda jual sebagai pemasukan utama atau tambahan.

 

2.      Beternak ayam atau lele

Selain berkebun, anda juga dapat beternak. Beternak ayam dan lele adalah salah satu pekerjaan yang memiliki potensi tinggi di pedesaan. Anda hanya perlu menyiapkan lahan kosong yang anda miliki.

 

3.      Membuka toko sembako

Di daerah pedesaan, adanya toko sembako sangat penting bagi masyarakat sekitar. Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, masyarakat masih mengandalkan toko sembako yang ada di desanya, bukan beli di kota atau supermarket yang jauh dari jangkauan.

 

4.      Jual pulsa dan token listrik

Jual pulsa dan token listrik di desa lebih memberi banyak keuntungan jika dibandingkan dengan di kota. Pasalnya, didesa masih minim pesaing. Dengan melihat kebutuhan konsumen mengenai internet yang cukup tinggi, maka tidak ada salahnya jika bisnis ini anda jadikan pilihan.

 

5.      Jual kue atau makanan siap saji

Banyaknya kegiatan sosial di daerah pedesaan, membuat masyaraktnya juga sedikit membutuhkan kue atau makanan ringan sebagai oleh-oleh atau sekedar suguhan saja. Hal ini dapat anda manfaatkan untuk meraup keuntungan dengan memulai untuk berjualan.

 

6.      Sedia jasa potong rambut

Jika anda memiliki skill dalam hal ini, maka dengan membuka usaha jasa pangkas atau potong rambut bisa anda jadikan pilihan. Pasalnya usaha ini sangat menjanjikan sekali jika dilakukan di daerah pedesaan.

 

7.      Warung kelontong

Warung kelontong yang menyediakan snack atau makanan ringan memang sudah tidak terkenal lagi di daerah perkotaan, namun jika di desa, masih sangat menjanjikan. Pasalnya makanan ringan seperti gorengan dan sejenisnya, sudah dapat anda jadikan usaha dengan target masyarakat sekitar.

 

8.      Service sepeda

Aktivitas yang dilakukan di daerah pedesaan masih banyak yang menggunakan sepeda motor, contohnya para pekerja pabrik an juga para petani. Maka dari itu, usaha ini sangat menjanjikan bagi anda.

 

9.      Usaha mebel

Usaha mebel ini dapat anda pilih karena bahan baku yang masih ada banyak di daerah. Hal ini berpeluang besar bagi anda. Pasalnya, masyarakat daerah pedesaan hanya mengandalkan tukang mebel yang ada di daerahnya saja, karena kualitas produk dari pekerja desa lebih dipercaya dibandingkan produk pabrik.

 

10. Jual bibit tanaman

Menjual bibit tanaman juga banyak memberi keuntungan. Anda dapat menjadikan para petani Desa untuk menjadi customer setia yang akan membeli dagangan anda.

 

11. SPBU mini

Karena adanya SPBU besar yang sangat terbatas, maka dengan berjualan bahan bakar sepeda motor akan sangat menguntungkan bagi anda. biasanya di daerah pedesaan hanya mengandalkan botol jamu 1 literan untuk penjualan. Namun tidak ada salahnya jika anda membuka SPBU mini yang semakin canggih.

 

12. Kerajinan khas Daerah

Ada beberapa daerah yang memiliki kerajinan khas seperti tas dari bambu atau lontar, sandal bahkan sepatu kulit. Tentu hal ini dapat anda manfaatkan dengan baik. Selain dapat anda jual di daerah sekitar, produk ini juga dapat anda pasarkan secara online dimesia sosial. Pelajari cara jualan online laris di Whatsapp atau media sosial lainnya demi menunjang suksesnya usaha anda.